Budaya

Trio Heavy Metal Hijabi Membuat Debut Indonesia di Glastonbury

Grup band heavy metal hijabi, Voice of Baceprot, akan menjadi penampilan pertama dari Indonesia di Festival Glastonbury yang ikonik di Inggris minggu depan, menandai tonggak penting dalam karir trio perempuan ini yang penuh prestasi.

Lebih dari satu dekade setelah pertama kali muncul, Voice of Baceprot baru saja dimasukkan dalam daftar 30-Under-30 Forbes Asia bulan lalu. Grup ini telah melakukan tur di Eropa dan AS, serta merilis album debut mereka tahun lalu.

Dengan lirik yang membahas isu-isu mulai dari ketidaksetaraan gender hingga perubahan iklim, anggota grup dari Garut, Jawa Barat mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka berharap dapat membantu memperbaiki dunia untuk generasi mendatang melalui musik mereka.

“Kami peduli dengan apa yang terjadi di sekitar kami, itulah mengapa kami membuat banyak lagu tentang apa yang kami alami, lihat, dan dengar. Kami hanya ingin dunia tempat kami tinggal menjadi tempat yang lebih baik untuk generasi setelah kami,” kata Firda “Marsya” Kurnia, penyanyi utama dan gitaris, kepada wartawan.

“Kami tentu merasa bersemangat dan bangga, terutama setelah mengetahui bahwa kami akan menjadi musisi Indonesia pertama yang tampil di Glastonbury. Ini juga akan menjadi penampilan pertama kami di Inggris.”

Voice of Baceprot akan tampil di panggung Woodsies di Glastonbury pada 28 Juni, berbagi kemuliaan tampil di festival musik legendaris tersebut bersama artis seperti Coldplay, Dua Lipa, dan Cyndi Lauper.

“Kami akan mencoba menggunakan kesempatan ini untuk juga mengangkat budaya Indonesia melalui musik, termasuk menggunakan elemen nada dari musik Sunda,” kata Marsya, mengacu pada asal etnis mereka.

Voice of Baceprot menyanyikan campuran bahasa Inggris, Indonesia, dan Sunda — bahasa asli mereka. Kata “baceprot” dalam bahasa Sunda berarti “berisik menyebalkan.”

Marsya bertemu dengan anggota band lainnya — drummer Euis Siti Aisyah dan bassist Widi Rahmawati — di sebuah pesantren dan mendirikan grup ini pada tahun 2014.

Sekarang di usia awal 20-an, mereka telah mengatasi prasangka dan menghancurkan stereotip tentang Muslim dan Islam.

“Kami mencoba memperkenalkan sisi lain yang lebih dekat dengan kebenaran,” kata Marsya.
Band ini telah mendapatkan pujian dari Flea dari Red Hot Chili Peppers dan Tom Morello dari Rage Against the Machine, dan mendapat sambutan besar selama tur Eropa mereka pada tahun 2021 dan 2022.

“Itu di luar ekspektasi. Setiap kali kami melakukan tur internasional, saya takut tidak ada yang datang… karena kami belum begitu besar,” kata Siti.

“Tapi setelah beberapa kali tampil di sana, kami melihat betapa antusiasnya penonton. Beberapa bahkan menunggu penampilan kami.”

Prestasi trio ini juga telah diperhatikan oleh pemerintah Indonesia, yang mendukung perjalanan mereka ke Inggris yang akan datang.

“Ini adalah bentuk diplomasi lunak,” kata Desra Percaya, duta besar Indonesia untuk Inggris, kepada wartawan.

“Voice of Baceprot benar-benar mengambil peran sebagai duta Indonesia dan, tentu saja, mereka sedang dalam misi untuk membuat Indonesia bangga.”